Menurut penelitian, orang yang menyusun resolusi tahun baru, 10 kali lebih besar kemungkinannya untuk meraih tujuan dibandingkan mereka yang tidak. Karena itu, selain membuat resolusi pribadi, Anda juga bisa menyusun resolusi tahun baru untuk kemajuan bisnis Anda.
Resolusi tahun baru yang efektif untuk bisnis Anda harus berlandaskan evaluasi dan data dari tahun sebelumnya. Berikut 7 cara untuk menyusun resolusi.
-
Kenali Nilai Lebih Bisnis Anda
Agar resolusi bisa konsisten dijalankan, sebaiknya dibuat berdasarkan nilai dasar bisnis. Selain menjual atau meraup keuntungan sebanyak mungkin, Anda harus tahu dulu nilai lebih apa yang bisa bisnis Anda berikan pada pelanggan.
-
Harus Spesifik
Resolusi seperti “penjualan harus meningkat, pelanggan harus bertambah, atau meningkatkan kualitas layanan” biasanya lebih sering gagal karena kurang spesifik. Deskripsikan resolusi dengan cara yang bisa Anda monitor perkembangannya dan diukur keberhasilannya. Misalnya, jika Anda meningkatkan penjualan, mulailah dengan membuat strategi pemasaran mingguan dan promosi khusus bulanan.
-
Tuliskan Resolusi Bisnis Anda
Resolusi yang dituliskan dan bisa terbaca dengan jelas akan meningkatkan peluang keberhasilannya. Jangan hanya menulis resolusi yang spesifik, tambahkan juga bagaimana perasaan Anda bila nanti tujuan itu tercapai. Anda bisa memajang resolusi bisnis di tempat kerja untuk selalu mengingatkan bahwa Anda harus selalu komitmen untuk menjalankan semua yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
-
Persempit Langkah Menuju Resolusi
Melakukan banyak hal sekaligus bisa membuat bisnis tidak fokus dan tidak jelas arah mana yang akan dituju. Mulailah dengan satu pencapaian besar, lalu pecah menjadi beberapa langkah pendukung yang lebih kecil. Langkah kecil sama dengan awal yang lebih kuat.
-
Fokus Pada Proses
Seringkali kita merasa kecewa saat usaha awal tidak memberikan hasil yang cepat dan menakjubkan. Jadi lebih baik fokus pada proses, lalu kembangkan strategi untuk mencapai tujuan. Misalnya, bila ingin lebih banyak orang mengunjungi toko online Anda, fokuslah untuk memperbaiki konten dan promosi secara rutin setiap hari.
Semua bisnis pasti pernah mengalami masa sulit. Akan lebih bijak untuk mengambil pelajaran, menyesuaikan strategi bisnis, lalu mulai kembali dengan semangat baru.
Sumber: http://www.sirclo.com/